Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Datang Bulan dengan Mudah

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Datang Bulan dengan Mudah
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Kesehatan Kesehatan Wanita Menghitung Masa Subur Wanita Siklus Haid

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Datang Bulan dengan Mudah

a Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Datang Bulan dengan Mudah

Haid atau datang bulan pada wanita memiliki siklus yang berbeda-beda pada setiap wanita.

Siklus ini tergantung oleh berbagai faktor. Seperti tanggal biasa terjadinya haid atau menstruasi, interval waktu yakni perbandingan jarak antara haid bulan lalu dengan haid bulan ini, dan berapa lama haid tersebut berlangsung dengan mengetahui akan hal ini kita dapat dengan mudah menghitung masa subur kamu secara manual maupun otomasis yang akan dibahas dengan lebih lengkap dibawah.

Siklus Haid Apa Maksudnya ?

Secara sederhana siklus haid adalah jangka waktu yang dibutuhkan untuk haid atau menstruasi pertama ke haid atau menstruasi dibulan selanjutnya. Siklus ini sendiri terbagi menjadi dua bagian yakni siklus haid yang lancar atau teratur dan siklus haid yang tidak teratur. Untuk siklus yang normal membutuhkan interval waktu sekitar dua puluh sampai tiga puluh hari.

Setelah kita mengetahui siklus menstruasi atau haid ini dari sinilah kita dapat mengambil acuan untuk menghitung masa subur kita.

Untuk apa sih menghitung masa subur wanita? Bagi pasangan yang mencari momongan inilah cara kamu untuk mengetahui kapan waktu yang tepat agar cepat dapat anak. Dan bagi pasangan yang belum ingin mempunyai anak namun tidak mau pakai KB, inilah cara untuk mengetahui pada hari apa saja sih hubungan itu tidak akan menghasilkan.

Sebelum kita dapat menghitung masa subur ada beberapa hal juga yang harus kita ketahui seperti masa haid dan ovulasi.

Ovulasi sendiri secara singkat berarti sel telur yang siap dibuahi dialirkan menuju tuba falopi. Ovulasi sendiri memiliki rentan waktu yang berbeda-beda pada setiap wanita. Ada yang 2 minggu ada yang 1 minggu lebih semua tergantung dari siklus haid sang wanita itu sendiri.

Cara Menghitung Masa Subur



Masa subur pada wanita berbeda-beda sehingga dibutuhkan pengamatan paling sedikit 6 bulan. Ketika siklus haid ini terjadi. Namun kamu bisa mengkonsultasikan masalah ini dengan dokter atau bidan kamu.

Karena secara medis ada cara untuk mengkalkulasi Masa Subur wanita dan bisa dilakukan sendiri dirumah. Namun perlu diketahui ini hanyalah rumus yang biasa digunakan untuk menghitung siklus haid yang relatif normal, jadi buat yang agak berbeda siklusnya mohon minta petunjuk dokter.

Ada berbagai cara dalam menghitung masa subur wanita antara lain

1. Sistem Kalender 

Jika siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari maka masa suburnya atau ovulasinya adalah 2 minggu / 14 hari sebelum menstruasi di bulan selanjutnya.

Rumusnya itu sangat sederhana yakni:
Siklus menstruasi - 14 = Masa subur wanita

Saya beri contoh lagi misalnya seorang wanita, sebut saja namanya mawar, dia memiliki siklus haid yang relatif panjang yakni 36 hari, maka ketika kita menghitung masa suburnya sesuai dengan sistem kalender adalah 36 - 14 = 22 jadi masa suburnya adalah 22 hari sebelum menstruasi di bulan selanjutnya,
Dengan kata lain bagi yang menjalankan program KB bisa melakukan hubungan di tenggang waktu sebelum 22 hari tersebut karena ovulasi masih baru mau berlangsung. Namun seperti yang pernah saya nonton di acara dokter boyke cara KB seperti ini sering gagal, karena wanita siklusnya dapat berubah dari waktu-ke waktu.

2. Perhitungan Masa Subur Biasa

Ini hampir sama dengan penghitungan pada sistem kalender namun ada berbagai hal yang berbeda.

Kita simak dulu rumusnya:
Masa subur pertama = Siklus Haid terpendek - 18 sedangkan masa subur terkhir = siklus haid terpanjang - 11

Jadi saya berikan contoh misalnya ibu sukirman. Beliau mempunyai siklus haid terpendek yakni 27 hari dan terpanjang sebanyak 34 hari jadi kita tinggal memasukanya di rumus

Masa Subur Awal ibu Sukirman = 27 - 18 = 11
Masa subur akhir ibu sukirman  = 34 - 11 = 23

Dengan kata lain masa subur dimulai dari hari ke 11 setelah menstruasi selesai sampai hari ke 23

Selain perhitungan manual seperti itu dapat juga dilakukan perhitungan dengan tingkat keakuratannya masih lebih bagus dari pada kita menghitung masa subur wanita secara manual. Penasaran caranya? Simak pembahasan berikut:

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Secara Otomatis



Menghitung Masa Subur Wanita
Aplikasi 

Banyak sekali aplikasi yang saat ini bisa digunakan untuk menghitung masa subur wanita sesuai dengan rumus-rumus para enginner itu sendiri.

Kebanyakan aplikasi ini dapat kamu peroleh di handphone android kamu. Caranya mudah tinggal kamu download aplikasinya di playstrore google.

Kamu tingal memilih aplikasi dengan rate tertinggi dan review bagus. Dengan demikian dapat memperkuat kemungkinan aplikasi siklus haid tersebut bagus

Alat Klinis Test

Meskipun ketika kita mengunakan aplikasi itu sangat mudah, namun ini belum terbukti klinis atau secara medis hal ini merupakan cara yang sesuai untuk menghitung masa subur wanita. Mendingan kita memakai alat test yang dijual di apotik alat testnya memiliki kesamaan dengan test pack cuma bedanya pada apa yang mereka test. Test pack mengetes kehamilan dan test masa subur mengetest masa subur wanita.

Keakuratan mencapai tingkat 90%. Jadi kamu bisa segera mencarinya di apotik terdekat. Dan saran saya belilah di apotik yang memiliki ijin jangan membeli di tempat yang gadungan agar kualitas dari produk juga terjamin kualitasnya.

Tentunya dalam sistem pengukuran akan sedikit berbeda, maka daripada itu hal ini dapat kamu jadikan sebagai pedoman saja bukan menjadi sebagai acuan. Jadi seperti yang dikatakan iklan-iklan di indonesia jika masalah berlanjut hubungi dokter.

Hubungilah dokter yang memiliki ketrampilan dibidang ini ataupun bisa menghubungi bidan terdekat, karena apa? Karena bidan lebih banyak praktek di lapangan ketimbang dokter jadi dari segi penanganan bidan lebih sedikitlah di atas. Menurut saya sih...

Semoga artikel " Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Datang Bulan dengan Mudah " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.